‘IMAGINERRING’ Satu Miliar Ide Air Kelapa Muda

1
'IMAGINERRING' Satu Miliar Ide Air Kelapa Muda

Pagi jelang siang tadi patik mereguk air kelapa muda hijau. Ahli gizi bilang kandungan zatnya berkhasiat. Jika rutin diminum, zat kandungannya bergizi dan kuat membersihkan rongga-rongga.

Penjelasan ikhwal itu terbuka lebar di laman daring kesehatan dunia maya. Air kelapa muda hijau begitu istimewa. Lebih satu miliar ide khasiatnya.

Aku membatin kala terbenam dalam sebuah tanda tanya. Kalau air kelapa muda saja memiliki ide penciptaan alias khasiat manfaat yang istimewa, apatah lagi penciptaan manusia? Kalau penciptaannya istimewa, misinya sekejab ke dunia idemditto istimewa bukan biasa-biasa saja.

*

Mengapa manusia makhluk istimewa? Insan yang sempurna sebaik-baik dicipta? Jangan lupa, tak ada retina mata dan sidik jari manusia yang identik sama. Bukan ciptaan versi kodian.

Entahlah apakah retina mata dan sidik jari satwa gajah Lampung dan harimau Sumatera juga berbeda setiap individunya?

Di siaran televisi kita menonton aktifis meratapi hutan yang hilang. Setiap menit seluas 3 kali lapangan bola, ungkap Forest Watch Indonesia.

Ada pula yang cemas memikirkan sumber batubara dan minyak semakin berkurang.

Kita mungkin pernah turut menentang limbah dari pabrik-pabrik. Kita gerah dengan penipisan ozon dan pemanasan global melanda yang menambah cuaca kota terik menggigit.

Kita merasa rugi besar mengabaikan dan kehilangan tambang dan hutan.

Tapi tahukah kita, kesia-siaan terbesar yang kita abaikan? Adalah kesia-siaan potensi kekuatan pikiran insan.

Padahal (pikiran) manusia memiliki kekuatan tak terbatas.
Kekuatan pikiran itu milik Anda, yang dapat dikelola menjadi apapun yang Anda inginkan. Pikiran adalah “penguasa” takdir anda.

*

Patik menulis catatan ringan ini sekian tahun silam. Tersebab suatu malam tersengat kalimat mujarab sari pati buku ‘The Secret of the Ages’ karya Robert Collier. Pak Robert menuliskan, “pikiran bawah sadar penghubung antara pencipta dan kita”.

Lanjut Robert, “…kilasan ide jenius tidak berasal dari otak anda sendiri, …tapi lewat pikiran bawah sadar anda menjalin kontak dengan Semesta”.

Imajinasi adalah kekuatan kreatif anda. Chrysler Corporation menyebutnya “kekuatan mengarahkan”. Aluminium Company menciptakan kosa mata baru: “Imaginerring”. Ringkasnya pikiran imajinatif kekuatan khas manusia. Yang membedakan insan manusia: berguna atau kurang berguna atau hanya pengguna.

Kiranya berguna bagi sesama dan semesta adalah misi mulia manusia.

Tersebab itu, umur manusia bukan hanya umur hitungan almanak mengikuti rotasi bumi, matahari, bulan dalam tata galaksi. Tetapi ada pula umur berguna. Umur efektif pemanfaatan pikiran “imaginerring”. Umur merenung. Umur ibadah. Umur belajar. Umur berpikir. Umur berdakwah. Umur berukhuwah.

Jangan-jangan dalam banyak hal ikhwal kemaslahatan, kita masih status dibawah umur. Belum mumaiyyiz dari segi umur faedah.

Ampun Ya Allah. Kiranya benar hari berhisab nanti adalah saat almanak umur ibadah dikubak, betapa meruginya kami gang sia-sia kepada umur. Seperti peringatan-Mu dalam surah “Wal Ashri”.

*

Pagi ini patik menemukan kesadaran, tatkala mereguk air kelapa muda hijau. Bahwa setiap ciptaan Tuhan ada ide yang kaya raya, yang kaya raya manfaat guna dan khasiat. Namun masih banyak terpendam idenya sebagai rahasia, tidak disadari sebagai tanda bukti Kasih Ilahi Rabbi.

Kiranya, setiap unit ciptaan Tuhan begitu kaya raya ide rahasia di dalamnya. Itu kalimat postulat untuk menyebut luasnya samudera rahasia ide manfaat yang belum terungkap. Sebht saja ‘Under Cover the Secret of Idea’.

Adakah lebih 1 miliar ide terpendam pada air kelapa muda yang dicipta? Apakah lebih 1 miliar ide rahasia Tuhan mencipta elok warna benang raja usai hujan reda. Dan sebagainya.

Eureka…, benda bukan hanya benda tetapi kompleks dengan miliaran lebih ide rahasia. Yang masih terbenam sebagai khasiat manfaat yang belum terungkap.

Hanya kekuatan pikiran yang dibimbing ruhani ala “Imaginerring” yang bisa mengubaknya.

Allahumma Rabbi. Aku hidup dalam genggaman-Mu Tuhan. Lindungi kami dan sayangi. Seperti sifat baik dan asmaul khusna-Mu: As Salam.*(MUHAMMAD JONI, Advokat dan Penulis)

1 comment

Post a new comment